Sabtu, 31 Agustus 2013

Isaac Newton

Isaac Newton dikenal sebagai ahli ilmu pasti dan ilmu alam asal Inggris.  Ia dianggap sebagai salah satu ilmuwan terbesar.  Teori dan penemuannya berperan penting dalam perkembangan ilmu pasti dan ilmu alam.

Penemuan Newton yang terkenal antara lain Kalkulus Diferensial, Integral, dan Penguraian sinar putih menjadi warna pelangi.  Adapun hukumnya yang sangat terkenal adalah Hukum Gravitasi dan Hukum Gerak Newton.  

Penemuan gaya gravitasi diawali oleh ketertarikan Newton terhadap bulan yang selalu mengelilingi bumi.  Suatu saat ia duduk beristirahat di bawah pohon apel dan melihat sebuah apel yang jatuh dari pohon.  Newton kemudian menemukan bahwa apel jatuh ke bawah karena ditarik oleh gaya tarik bumi atau gravitasi. 

Hukum Gerak Newton merupakan hukum dasar dinamika yang merumuskan pengaruh gaya terhadap perubahan gerak benda.  Hukum Newton terdiri atas tiga perumusan yang terkenal sebagai Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton.  Untuk menghormati jasanya Newton namanya digunakan sebagai satuan gaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar